Kata Ibu saya, Filsafat itu adalah induk segala bidang ilmu, kalau kata ayah saya…menanggapi kata-kata dari ibu saya, beliau hanya mengangguk saja. Dari buku yang beliau miliki, dapat saya bagi kembali pada tulisan ini bahwa FILSAFAT berasal dari bahasa Yunani FILOSOFIA, dimana dirangkai dari kata  “FILEIN” (Cinta) dan “SOFIA” (Kebijaksanaan).

Jadi berdasarkan namanya,  Filsafat berarti Cinta Kepada Kebijaksanaan.

Dimana asal muasal adanya istilah ini yaitu, pengetahuan manusia yang melalui indra itu tentulah bukan pengetahuan sebenranya, yang sebenarnya dapat disebut pengetahuan ialah mengenai yang umum serta mencakup dasarnya, yang mencakup seluruh objek serta sampe kepada akarnya. Tahu akan sebab yang sedalam-dalamnya, hal ini sudahlah dinginkan oleh orang Yunani. Hanya mereka tahu juga bahwa yang demikian itu hanya dimiliki pada dewa, manusia hanya “ingin” saja, “mencita-citakannya” saja. Manusia yang ingin (cinta) akan pengetahuan sejati disebut bahwa ia cinta akan kebijaksanaan, hasilnya hanya merupakan cinta kepada kebijaksanaan, FILOSOFIA.

Orangnya disebut sebagai Filosofos, pecinta kebijaksanaan. Nama ini diberi arti dengan tegas oleh ahli pikir Yunani Socrates (469-399) terutama untuk menentang kaum Sofis, yang menamai dirinya para bijaksana (Sofos). Socrates bermaksud bahwa ia dan penganut-penganutnya bukan orang yang sudah bijaksana dan telah mencapai pengetahuan sejati, melainkan hanya mencintai kebijaksanaan, daripada itu berusaha mencari kebijaksanaan itu.

Dalam arti pengetahuan sejati (pengetahuan yang benar) kata Filosofia bertahan sejak Plato (427-347_ sampai dengan Aristoteles (342-322) tetapi objeknya meliputi juga yang disebut sebagai ILmu, yaitu usaha untuk mencari sebab yang universil. Aristoteles-lah yang kemudian membedakan dua macam Filosofia serta mengemukakan yang disebutnya “Prima Filosofia” , yang arti sebenarnya adalah Filsafat Pertama. Disebut pertama karena kebijaksanaan ini berusahaa mencari keterangan atau sebab yang sungguh pertama atau merupakan dasar segala sebab.

-Dikutip dari buku “Ilmu Dan Pengetahuan (I.R Poedjawijatna – 1967)” terbitan OBOR-

Advertisements

First of all, i would like to say HAPPY NEW YEAR 2009.

In the new year’s eve, i was thought on something that actually happened around us but maybe only a few person who thought same as  i did.

What is it?  it’s about our world. Which has been attacked by us all at that new year’s eve.

How? As we all know, in the new year’s eve, there are so many people bought a lot of fireworks or other kind of things which produced  straight to the sky. In the other case, this unfortunately world also attacked by giant volume of pollution that comes from our vehicle that produced foggy things. N FYI at that night we know how much people who went out to the road all around the world. Now imagine if it wasn’t a night, but a sunny day, how foggy this world would seem.


That poor condition was happened between us around the world, but unfortunately there’s only a few people who thought that way.
A. Did u realized this condition @ new year’s eve? or

I wanna help you to prove your care to this world.

I only give 2 choices.

B. Did u realized this condition after reading my statement?

I hope in the next year we could change to be a better planner in celebrating our new year’s celebration.

 

 

  1. An Inconvenient Truth,

Humanity is sitting on a ticking time bomb. If the vast majority of the world’s scientists are right, we have just ten years to avert a major catastrophe that could send our entire planet into a tail-spin of epic destruction involving extreme weather, floods, droughts, epidemics and killer heat waves beyond anything we have ever experienced.

From director Davis Guggenheim comes the Sundance Film Festival hit, AN INCONVENIENT TRUTH.

http://climatecrisis.net/aboutthefilm/

  1. Earth,

This movie tells us about the beauty of the EARTH. Which contains beautifull animals, nature’s views, and first encounter with spectacular locations that have never before been filmed. 5 Years in the making, EARTH follows the influence of the sun on life on the planet. This movie has three main characters: Polar Bear, Elephant, and Humpback Whale. This movie shows how’s their way to struggle in this life with all the condition of the earth it self which starting warm. The natural of our planet has never been filmed on such a scale before. EARTH uses resources and technology on an unprecedented scale, to reveal rarely observed animal behaviours.

http://www.ouvalresearch.com/news/usNViewNews.php?key=0025

There are some simple things that you can do to help stop global warming:

· Turn off the lights when you leave a room. Use fluorescent bulbs in your room.

· Turn off your computer or the TV when you’re not using it. Unplug chargers when not in use.

· Wait until you have a lot of clothes to wash before using the washing machine. Don’t use the machine for one item just because it’s your favorite shirt.

· Take shorter showers. Heating water uses energy.

· Close the blinds on a hot day if the sun is shining in. Dress lightly instead of turning up the air conditioning.  Or use a fan.

· Dress warmly inside your house when it’s cold, instead of turning up the heat.

· Offer to help your parents keep the air filters on your AC and furnace clean.

· Walk short distances instead of asking for a ride in a car.

· Plant a tree.
Dalam Bahasa Indonesia

Ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk membantu menghentikan pemanasan global

  1. Matiin lampu setiap meninggalkan ruangan,
  2. Matiin juga komputer atau TV setiap udah gak dipake lagi, dan cabut semua kabel colokan yang masih nyantol di colokan 😉
  3. Tunggu sampe baju kotor kalian banyak dulu, baru pake mesin nyucinya, (kecuali pake tangan hehehe tp itu juga perlu nunggu cucian banyak dulu, biar hemat air bersih). Jangna karena cuma pengen nyuci baju favorit lo trus lo pake mesin cuci nyucinya. Udah buang2 listrik, buang2 aer bersih pula.
  4. Mandi jangan lama2 supaya menghemat air bersih, dan kalo bisa gak usah pake pemanas air. Hemat listrik.
  5. Kalo udara panas, pake baju yang adem2 aja, n kl bisa pake kipas angin, jgn pke AC.
  6. Intinya pake baju yang senyaman2nya dirumah ditujukan supaya bisa mengurangi alat listrik drmh.
  7. Kalo deket jalan kaki aja, selain lebih sehat, juga mengurangi polusi (kl ada yg terbiasa pake motor ato mobil).
  8. PLAN A TREE.. tau dong artinya hehehe

http://www.pewclimate.org/global-warming-basics/kidspage.cfm

Indonesia terletak di salah satu jalur perdagangan paling padat di dunia, yaitu Selat Malaka. Kedekatan dengan raksasa ekonomi dunia baru, yaitu Cina dan India, akan mewarnai peranan Indonesia dalam globalisasi. Berada di jalur khatulistiwa, Indonesia menikmati sinar matahari sepanjang tahun dengan iklim tropis dan tanah yang subur.

Satu dimensi pemanfaatan sumber daya alam sebagai factor produksi dalam jangka panjang adalah FEW: Food, Energy, dan Water. Istilah ‘few’ (sedikit) digunakan untuk mengingatkan Indonesia agar mengantisipasisemakin berkurangnya sumber makanan, energi, dan air.

FOOD (Pangan)

Pangan harus tersedia secara mencukupi dan merata bagi seluruh rakyat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan hidup yang sehat dan produktif. Pada sisi konsumsi, perlu dilakukan terus upaya diversifikasi. Diversifikasi akan terjadi jika pendapatan masyarakat meningkat dan produk pangan dihargai sesuai dengan nilai ekonominya. Semakin tinggi tingkat pendapatan masyarakat, maka akan semakin turun permintaan terhadap bahan pangan primer dan semakin tinggi permintaan terhadap kandungan jasa dan bahan penolong yang terdapat dalam pangan.

ENERGY (Energi)

Beberapa sumber energi yang tak terbarukan memiliki umur yang dapat diperkirakan, antara lain:

  1. Cadangan minyak bumi saat ini 9 miliar barel.
    Dengan produksi rata-rata 500 juta barel/thn, maka cadangan tersebut akan habis dalam waktu 18 tahun.
  1. Cadangan gas alam saat ini sebesar 182 triliun kaki kubik.
    Dengan produksi rata-rata 3 triliun kaki kubik/thn, maka cadangan tersebut akan habis dalam waktu 61 tahun.
  1. Cadangan serta sumberdaya terukur batubara saat ini sebesar 19,4 miliar ton.
    Dengan produksi rata-rata 150 juta ton/thn, maka cadangan tersebut akan habis dalam waktu sekitar 130-an tahun.

Untuk mengamankan pasokan energi dan menjaga keberlanjutan ketersediaan energi, Indonesia sudah harus segera mendorong pemanfaatan SDA terbarukan. Peran sumber daya energi terbarukan di masing-masing daerah juga penting untuk mengurangi dampak pemanasan global.

Isu lingkungan hidup global perlu diimbangi dengan dorongan untuk dikembangkan dan diterapkannya teknologi yang lebih ramah lingkungan dalam pemanfaatan dan pengolahan sumberdaya alam.

WATER (Air Bersih)

Menjadi negara maju di tahun 2030 ditandai dengan kualitas hidup masyarakat yang lebih layak. Salah satunya adalah akses terhadap air bersih yang merata di seluruh lapisan masyarakat.

Pada periode tahun 1990-2005, 89% penduduk di kota dan 57% penduduk di pedesaan sudah mendapatkan pelayanan air bersih.

Di tahun 2030, diharapkan 100% penduduk perkotaan dan 90% penduduk pedesaan sudah dapat menikmati pelayanan air bersih (melalui jaringan pipa dan bukan sumur).

Pada tahun 2025, masyarakat perkotaan teruatam yang hidup di kota-kota besar akan mulai menikmati air minum langsung dari keran (tap water).

Aksesnya terhadap air bersih yang lebih luas secara tidak langsung akan menunjang terciptanya SDM yang berkualitas dan mendorong bergeraknya sektor perekonomian terutama sektor jasa.

-dikutip dari “VISI INDONESIA 2030” (Indonesia Forum) http://www.indforum.org-

Untuk permulaan gw disini mau bagi2 apa yg gw -sedikit- tau dulu yah.

Kita semua tau kalau ‘rumah kita’ which is dunia ini lagi Sakit (kasian gak dengernya?) nah..ada banyak cara supaya kita bantu dunia kita ini gak begitu merasakan penyakitnya, yaitu:
a. Hemat listrik,

(kl dirumah or dikosan, jangan boros listrik, listrik itu kan juga pake bahan bakar…bisa dipikir sendirilah maksudnya).

b. Buang sampah bener2 pada tempatnya,

(kalo lagi gak nemu tempat sampah, ya disimpen aja dulu sebentar. di dunia ini masih diciptakan benda mati yang namanya tempat sampah kok, jadi gak mungkin mereka pindah2 sendiri).

c. Jangan kebanyakan buang plastik,

(kalo abis pergi belanja emang gak bisa lepas dari benda yang satu ini, jadi salah satu solusinya, ya simpen aja dulu plastik abis belanja, dan jangan terlalu mudah buang plastik, karena butuh RATUSAN TAHUN lho untuk menguraikannya).

d. Kalau bisa kemana2 menggunakan angkutan umum,

(selain mengurangi kemacetan, kita sama juga bagi2 rejeki buat supir angkutan umum, dan kalo volume kendaraan dijalan berkurang karena kita naik angkutan umum..itu artinya polusi udara juga berkurang, setidaknya ‘dunia kita’ juga jadi bisa bernapas sedikit lebih lega. Dan satu lagi dengan tegas gw mau kasih tau jakarta diperkirakan akan mengalami MACET TOTAL tahun 2015 NANTI). (hayoo..harus siap2 beli helikopter nih!)
e. Perbanyak tumbuh2an disekitar anda2 semua.

(kalo yang ini udah tau dong manfaatnya apa..??!!).

Sebenernya bukan cuma segitu, tapi pasti gw bakal bagi info lainnya…next time tentunya..hehehehe.
Kalau belum bisa diwujudin semua yang ada diatas, satu per satu dulu aja, yang penting ada NIAT, KEMAUAN, DAN USAHA. (by: meta)

(first published in renon.web.id)